اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Selasa, 05 November 2013

KOMPETENSI STANDAR JSIT

sditnurulfikribalikpapan.blogspot.com

KOMPETENSI STANDAR JSIT

Kompetensi Standar Agama
1.      Hafal surat – surat pilihan, mampu membaca, menulis, mengartikan, dan memahami ayat – ayat al-Quran serta mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari
2.      Beriman dengan mengenal, memahami dan menghayati rukun iman serta berperilaku sebagai orang yang beriman
3.      Terbiasa berperilaku dengan sifat-sifat yang terpuji, menghindari sifat-sifat tercela dan bertata krama dalam kehidupan sehari-hari
4.      Mengenal, memahami, menghayati, mampu dan mau mengamalkan ajaran Islam tentang ibadah dan muamalah
5.      Memahami, menghayati, dan mampu mengambil manfaat tarikh Islam serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Hafal do’a al Matsurat
7.      Hafal doa ketika hujan, mendengar petir, meminta hujan
8.      Kisah nabi, penekanan pada aqidah dan akhlak
9.      Siroh nabi Muhammad
10.  Beriman kepada Allah SWT, malaikat, kitab-kitab, rosul, hari kiamat, dan qodho’ dan qodar
11.  Terbiasa berperilaku dengan sifat-sifat terpuji, menghindari sifat-sifat tercela, dan bertata krama dalam kehidupan sehari-hari
12.  Mengenal rukun Islam dan mampu melaksanakan Ibadah sholat, puasa, zakat fitroh, dan dzikir serta doa setelah sholat.
                    
Kompetensi Standar Al Quran
1.      Mampu membaca al Quran dengan tartil
2.      Memiliki hafalan minimal 3 juz
3.      Mengerti ayat-ayat pilihan
4.      Memiliki pemahaman tafsir surat/ayat al Quran pilihan
5.      Membaca al Quran dengan tartil

Kompetensi Standar Kewarganegaraan
1.      Mengembangakan pengetahuan dan pengalaman belajar untuk membiasakan berbuat dan berpendirian positif
2.      Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman belajar untuk membiasakan menerapkan perilaku dan aturan-aturan yang berlaku
3.      Mengembangakan pengetahuan dan pengalaman belajar untuk menghargai adanya perbedaan-perbedaan kehidupan hidup dasar manusia
4.      Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman belajar untuk mengenal dan menghargai perbedaan dan persamaan kedudukan warga negara dalam masyarakat Indonesia yang beragam
5.      Mengembangakan pengetahuan dan pengalaman belajar untuk memahami pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara
6.      Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman belajar untuk memahami sistem pemerintah Indonesia

Kompetensi Standar Bahasa Indonesia
1.      Memahami dan peka terhadap gagasan, pendapat dan perasaan orang lain yang didengar dalam berbagai bentuk serta memberikan respon dan penilaian secara tegas
2.      Menggunakan gagasan, pendapat dan perasaan dalam berbagai bentuk dan cara kepada berbagai sasaran sesuai dengan keperluan dan konteks pembicaraan
3.      Membaca beragam teks menunjukkan pemahaman gagasan dan perasaan yang tersurat dan tersirat, memberikan respon secara tepat dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan
4.      Menulis berbagai jenis karangan untuk berbagai tujuan dan membaca dengan memperhatikan kosakata, ejaan, tanda baca dan struktur  kalimat yang tepat
5.      Menguasai komponen-komponen kebahasaan bahasa Indonesia secara menyeluruh untuk mendukung penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan keperluan dan tujuan.
6.      Mampu mengapresiasi dan berekspresi sastra dalam berbagaai jenis dan bentuk dengan menggunakan pengetahuan, teori sastra dan sejarah sastra.
7.      Berdaya tahan dalam berkonsentrasi mendengarkan sampai dengan 30 menit, dan menyerap gagasan pokok dan perasaan dari cerita, berita, petunjuk, pengumuman, serta perintah yang di dengar serta memberi respon secara tepat
8.      Mengungkapkan gagasan dan perasaan, menyampaikan sambutan, berdialog, menyampaikan pesan, bertukar pengalaman, menjelaskan suatu proses, mendiskripsikan dan memainkan permainan
9.      Membaca lancar beragam teks dan mampu menjelaskan isinya serta merespon dengan kata-katanya sendiri.
10.  Menulis karangan naratif dan non karatif dengan memperhatikan tujuan dan ragam pembaca dan pemakaian ejaan dan tanda baca dan kosa kata yang tepat dengan menggunakan kalimat tunggal dan kalimat majemuk
11.  Memahami dan menggunakan kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap, kalimat dengan hubungan sebab akibat, waktu dan syarat, kalimat dengan keterangan tempat, waktu dan cara partikel pengantar tempat, waktu dan cara, imbuhan kata kerja, imbuhan pembentuk kata benda dan pembentuk kata sifat, ejaan yang dibenarkan dan tanda tanya, pelafatan dan intonasi bahasa Indonesia, kosa kata sekitar 6000 kosa kata termasuk sinonim, antonim, homonim dan polisemi.


Kompetensi Standar Pendidikan Seni
1.      Mampu mengembangkan kreatifitas kepekaan rasa dan indrawi, ketrampilan dan kesenian
2.      Mampu mengembangkan pengembangan belajar interdisipliner dengan pendekatan keterpaduan belajar melalui seni
3.      Mampu berapresiasi terhadap keragaman budaya lokal, nasional dan global
4.      Mampu mengekspresikan diri dengan media bunyi, gerak, rupa sesuai dengan perkembangan anak dan syariat Islam.
5.      Memiliki kepekaan indrawi dan memiliki perasaan estetis melalui pengalaman bereksplorasi, berekspresi dan berkreasi yang diintregrasikan secara lintas bidang dalam pengembangan kecerdasan emosional, intelektual, kreatifitas, moral dan spiritual
6.      Mampu berekspresi dalam bahasa rupa, bunyi, gerak dan bahasa verbal melalui apresiasi dan kreatifitas
7.      Mampu berkreatifitas seni dengan meniru alam dan lingkungan melalui pengolahan media seni
8.      Mampu menghargai keragaman seni sosial, budaya lokal, nasional dan internasional yang sesuai dengan budaya Islam
9.      Menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap ghiroh Islamiah

Kompetensi Standar Bahasa Inggris
1.      Siswa mampu berbicara untuk berbagai tujuan dan pendengar
2.      Siswa mampu menyimak informasi dari berbagai sumber dalam berbagai situasi
3.      Siswa mampu menulis dengan bahasa yang jelas, tepat dan sistematis dengan isi dan bentuk yang berbeda sesuyai dengan tujuan dan pembaca
4.      Siswa memahami, menganalisis secara kritis dan menggunakan informasi dari berbagai bahan (teks dan non teks)
5.      Siswa menggunakan bahasa target untuk kesenangan dan pengayaan pribadi

Kompetensi Standar Bahasa Inggris SD
Dengan penguasaan kosa kata dalam tingkatan 900 dan kata bahasa yang bertema dengan tema yang tersedia, siswa mampu:
1.      Memahami teks lisan pendek dan sederhana berbentuk percakapan narasi, deskripsi
2.      Melakukan percakapan sederhana guna mengungkapkan perasaan
3.      Memahami teks tertulis sederhana yang berbentuk percakapan, narasi dan deskripsi
4.      Menyajikan informasi dan gagasan sederhana secara tertulis paling banyak 100 kata

Kompetensi Standar Ilmu Sosial
1.      Memahami keanekaragaman struktur dan dinamika sosial budaya dalam kehidupan bermasyarakat
2.      Memahami usaha memenuhi kebutuhan hidup dengan keterbatasan sumber daya
3.      Memahami keanekaragaman gejala alam dan kehidupan di muka bumi, proses kejadian, interaksi, dan interelasinya
4.      Memahami proses perkembangan dan perubahan masyarakat, identitas, dan pengalamn pada masa lampau
5.      Menganalisa secara kritis situasi sosial yang dihadapi untuk melangsungkan interaksi sosial dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa
6.      Mampu melakukan tindakan ekonomi (menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang)
7.      Menganalisis gejala alam dan kehidupan di muka bumi secara keruangan dan ke lingkungan
8.      Mampu berpikir kronologis, menganalisis, menginterprestasikan dan merekonstruksi masa lalu untuk memahami kekinian
9.      Memiliki identitas diri berdasarkan pemahaman terhadap masa dalam kehidupan
10.  Memahami cara hidup bermasyarakat dam memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar
11.  Mengamati dan mengidentifikasi kemajemukan masyarakat Indonesia agar dapat saling menghargai
12.  Mengidentifikasi sumber-sumber alam Indonesia dan memanfaatkannya bagi kehidupan masa kini dan kehidupan masa datang
13.  Memahami hubungan antar manusia dengan lingkungan sosial, budaya dan alam serta dalam menunjukkan contoh dalam kehidupan sehari-hari
14.  Memahami bentuk-bentuk globalisasi dalam kehidupan sehari-hari untuk menentukan sikap terhadap perubahan yang terjadi



Kompetensi Standar Matematika
1.      Menggunakan matematika sebagai alat untuk memecahkan masalah atau soal, meliputi kemampuan memahami soal, memilih strategi pemecahan melalui permodelan masalah nyata berbentuk model matematika, operasi penyelesaian model dan penafsiran solusi model terhadap permasalahan semula
2.      Menggunakan matematika sebagai cara untuk mengkomunikasikan gagasan secara lisan dan tertulis antara lain melalui simbol (misalnya dalam ekspresi aljabar atau dalam bentuk fungsi) atau diagram, melakukan penalaran secara logis dan sistematis
3.      Melakukan operasi hitung pejumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian beserta operasi campurannya, termasuk yang melibatkan pecahan
4.      Memahami sifat dan unsur berbagai bangun datar dan bangun ruang sederhana, termasuk penggunaan sudut, keliling, luas dan volume
5.      Memahami sifat simetri, kesebangunan, dan sistem koordinat
6.      Memahami dan menggunakan pengukuran, satuan, kesetaraan antar satuan, penaksiran dan pengukuran.
7.      Memahami cara menafsirkan (seperti ukuran tertinggi, terendah, rata-rata, modus), mengumpulkan dan menyajikan data sederhana

Kompetensi Standar Komputer
1.      Menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam iptek dan informasi
2.      Dapat mengoperasikan komputer
3.      Mengoperasikan komputer microsoft office : ms word, ms excel dan ms power point
4.      Menggunakan komputer untuk alat bantu belajar

 Kompetensi Standar Bahasa Arab
1.      Dapat berkomunikasi sederhana dalam bahasa arab
2.      Terampil membaca referensi berbahasa arab
3.      Memiliki 300 kosakata bahasa arab
4.      Dapat memahami teks bacaan sederhana bahasa arab
5.      Memiliki kalimat-kalimat sederhana bahasa arab
6.      Dapat berbicara dalam percakapan sehari-hari
7.      Menulis khot

Kompetensi Standar Pendidikan Jasmani
1.      Memiliki karakter moral yang kuat sikap cinta damai, sikap sosial, pola pikir kritis dan sportif melalui kegiatan olah raga
2.      Memiliki ketrampilan untuk berolah raga
3.      Memiliki kecerdasan emosi dan menghargai hak asasi melalui permainan yang jujur
4.      Memiliki rasa percaya diri dan menyadari kemampuan pengendalian gerak tubuh
5.      Membiasakan dan terampil untuk melindungi keselamatan diri sendiri dan orang lain
6.      Memelihara kebugaran jasmani dan pola hidup sehat
7.      Berpartisifasi aktif secara teratur dalam melakukan kegiatan olah raga dan memahami kemanfatannya
8.      Membiasakan untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan olahraga yang bersifat rekreatif
9.      Mampu melakukan latihan-latihan lokomotor
10.  Mampu melakukan latihan-latihan non lokomotor
11.  Mampu melaksanakan latihan manupulatif menggunakan alat
12.  Mampu bekerjasama, sportif dalam bermain
13.  Mampu melakukan permaiann individu
14.  Mampu melakukan permainan beregu
15.  Mengerti manfaat olah raga terhadap kebugaran tubuh
16.  Mampu melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, kelenturan dan koordinasi
17.  Mampu memilih olah raga untuk pertumbuhan postur tubuh secara normal
18.  Mengerti peraturan dan ketentuan yang berlaku
19.  Mampu memilih olah raga untuk rehabilitasi kelainan sikap tubuh
20.  Mengisi waktu luang dengan kegiatan olah raga
21.  Menguasai satu cabang olah raga..
Munirputra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar